Senin, 02 September 2019

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah

(sumber Bangka.tribunews.com)

Tahun baru Islam pada tahun 2019 ini jatuh pada Minggu 1 September 2019 atau bertepatan dengan 1 Muharram 1441 Hijriah. Di Indonesia, ada banyak tradisi 1 Muharram yang sering dilakukan masyarakat di berbagai daerah.

Dalam tradisi Islam, tidak ada ajaran khusus dalam menyambut pergantian tahun selain memanjatkan doa kepada Allah dan berpuasa untuk mendapatkan ridho serta ampunan-Nya.  Di Indonesia, akibat proses pengaruh dari berbagai budaya muncullah kegiatan unik untuk merayakan tahun baru Islam tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tradisi 1 Muharram yang unik:

1. Kirab Muharram
Tradisi 1 Muharram di Jawa salah satunya adalah Kirab Muharram. Ini adalah ritual yang dilakukan oleh Keraton Surakarta yakni menghadirkan kerbau bule atau kerbau putih milik Kiai Slamet.  Kerbau Bule merupakan hewan kesayangan Susuhunan yang dianggap keramat.  Kiran ini juga dilakukan di Keraton Djogjakarta hadiningrat dan Keraton Cirebon.  Kapan lagi bisa lihat aset dari Keraton yang selama ini tersimpan rahasia.  Karena pada malam 1 Muharram ini benda-benda dan binatang kerbau keramat tersebut dikeluarkan serta ditunjukkan kepada khalayak ramai.

2. Ngadulang
Berbeda dengan Kirab Muharram, tradisi di Jawa Barat ini dinamakan Ngadulang. Ngadulang merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Sukabumi untuk merayakan tahun baru Islam.  Di tahun baru Islam, ada perlombaan menabuh bedug yang menarik dan wajib diikuti.  Pastinya seru mendengarkan alunan bedug yang saling bersaing untuk memenangkan siapa yang paling merdu dan kompak menabuh bedugnya.

3. Nganggung
Perayaan 1 Muharram di Pangkalpinang, Bangka memiliki keseruan tersendiri. Dalam acara Nganggung, masyarakat datang ke masjid dan membawa dulang berisi makanan dan lauk pauk untuk dinikmati bersama.  Tentunya peristiwa ini tidak dilewatkan bagi semua warga.  Nilai kebersamaan dan kekerabatan harus terus dijaga ya dengan perayaan seperti ini.

4. Pawai Obor
Sebenarnya tak hanya di Banten, kegiatan Tahun Baru Islam dengan pawai obor terjadi banyak di berbagai daerah. Para penduduk dengan mengenakan pakaian muslim berwarna putih, berpawai memegang obor keliling untuk merayakan tahun baru hijriyah.  Bahkan beberapa jalan ditutup sesaat untuk melaksanakan pawai obor ini.  Pastinya meriah dong, apalagi tahun ini jatuh di hari libur.

5. Bubur Asura
Di Kalimantan, ada makanan khas yang adanya hanya di tahun baru Islam yaitu Bubur Asura. Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak lama dengan santan dan dicampur dengan berbagai macam sayur-sayuran.  Tentunya enak dan suasana kebersamaan ini harus dijaga untuk memberi semangat datangnya tahun baru dan semangat baru akan perubahan yang lebih baik.

6. Membeli Perabot BaruSepertinya tradisi 1 Muharram di Makassar ini  para ibu di Makassar akan berbelanja memborong perabot rumah. Wah, seru ya pastinya buat para Ibu yang hobi belanja.  Jangan lupa menabung sebelumnya ya.

7. Mabit di MasjidPerayaan 1 Muharram yang satu ini patut dicontoh nih. Masjid-masjid di Jakarta sering menyelenggarakan mabit pada malam Tahun Baru Islam. Biasanya kegiatan ini diisi dengan ceramah agama dengan tujuan untuk melakukan refleksi diri selama menginap di masjid.

Masyarakat DKI Jakarta merayakan 1 Muharram 1441 di Bundaran Hotel Indonesia (sumber Detik.com)


Di Jakarta, hari Sabtu, 31 Agustus 2019 lalu dilakukan Festival 1 Muharram atau Muharram Festival di Jakarta. Jakarta Muharram Festival digelar di Bundaran Hotel Indonesia.  Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, yaitu Bapak Anis Bswedan. Pastinya kebersamaan dari warga Jakarta bersama pemimpinnya tercipta di acara tersebut.  

Semoga perasayaan 1 Muharram 1441 H yang bertepatan dengan tanggal 31 Agutus 2019 membawa keberkahan kepada seluruh rakyat Indonesia (Agus/PKBM KRAMAT PELA).

Refrerensi
Mustinda, L. (2019). Tradisi 1 Muharram yang Unik dari berbagai daerah di Indonesia. diakses 1 September 2019 dari https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4683524/tradisi-1-muharram-yang-unik-dari-berbagai-daerah-di-indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel lainnya

Yuk Deteksi Dini Gangguan Belajar Anak! Layanan Pendidikan Inklusi di PKBM Kramat Pela

  Saat buah hati berusia sekolah dasar, maka mereka seharusnya memiliki kemampuan belajar yang baik.   Kesiapan belajar ini dipersiapkan d...

Artikel Populer